Daihatsu menutup 2023 dengan capaian penjualan yang positif. Selama tahun lalu, Daihatsu di Indonesia membukukan penjualan ritel 194.108 unit. Angka ini meningkat 2,9 persen dibandingkan periode 2022 yang mencatatkan angka 188.660 unit.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia, sehingga Daihatsu dapat menutup tahun 2023 dengan raihan positif. Semoga capaian ini dapat terus memotivasi kami untuk memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen, serta pasar otomotif dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ucap Tri Mulyono, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

Ada tiga model yang menyumbang hasil penjualan terbesar. Pertama adalah Astra Daihatsu Sigra yang mencatatkan angka 63.285 unit sepanjang tahun atau berkontribusi sekitar 32,6 persen dari total capaian Daihatsu.

Model kedua adalah Gran Max Pick Up sebanyak 43.896 unit atau 22,6 persen dari total raihan sepanjang tahun. Ketiga adalah Terios dengan raihan 24.785 unit atau berkontribusi 12,8 persen dari total pendapatan Daihatsu.

Sayangnya, Daihatsu tidak menyertakan data model lain seperti Ayla, Xenia, Rocky, Luxio hingga Sirion dan Gran Max Minibus. Data terakhir disertakan Daihatsu pada November lalu yang memperlihatkan capaian model lainnya di Oktober 2023.

Terlihat pada data tersebut, Ayla berhasil terjual 19.092 unit, Xenia 15.622 unit, Gran Max Minibus 10.535 unit. Model Rocky di angka 5.483 unit, Luxio 2.388 unit dan Sirion 495 unit.

Data terakhir Daihatsu sebelum tutup tahun alias hingga November 2023 disebutkan mencapai 179 ribu unit. Capaian ini naik 3,8 persen dibanding 2022 di periode yang sama. Laporannya juga hanya menyebutkan tiga model terlaris yakni Sigra, GranMax Pick Up, dan Terios.

Capaian Daihatsu di Indonesia selama 2023 menjadi angin segar setelah pemberitaan ketidakteraturan prosedur sertifikasi keselamatan yang diumumkan Daihatsu dan Toyota secara global. Laporan tersebut juga menyinggung produksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia dengan menunda pengiriman produksi ke berbagai negara.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kemudian dalam keterangannya di Desember 2023 menyatakan bahwa produksi, distribusi, dan model yang dipasarkan di Indoensia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan. Produk Daihatsu disebutkan memenuhi regulasi yang berlaku dan konsumen Tanah Air dapat menggunakan kendaraan produksi Daihatsu dengan aman dan nyaman.

PT ADM juga telah berkoordinasi dengan otoritas pemerintah sebagai pemangku kepentingan dan penentu proses homologasi di Indonesia. ADM mengabarkan produksi domestik ADM beroperasi normal sesuai dengan rencana untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam negeri.

(STA/TOM)